Cerita tentang masa lalu itu ada karena kamu memang telah berperan di dalamnya, begitu juga dengan kenangan saat bersamanya, semua itu akan selalu muncul dalam ingatanmu sebab kamu telah menjalaninya.

Dan tentu melepaskannya pun tentu akan sangat sulit, kecuali kamu memang terus berusaha mengikhlaskannya tiada henti.

Lalu pernahkah kamu mencoba? pernah, tapi kenapa masih saja menyakitimu? itu artinya dalam mengikhlaskannya masih ada cara yang tidak kamu lakukan, yaitu memaafkannya.

Percuma Keinginanmu Ingin Melupakan Tapi Tidak Dengan Memaafkan, Karena Pastinya Kamu Akan Mendapat Banyak Kesulitan

instagram.com/nabilahcil

Lantas percuma keinginanmu ingin melupakan tapi tidak dengan memaafkan, percuma kamu ingin mengubur kenangan masa lalu jika yang kamu ingat hanya kesalahannya saja, karena pastinya kamu akan mendapat banyak kesulitan.

Diantaranya mungkin setiap kamu ingin melupakan maka ketidak terimaanmu karena pernah dijahatin akan muncul mengkoyak hati, sehingga itulah yang akhirnya menyakitimu.

Maafkanlah Seperti Apapun Perlakuannya Dulu Terhadapmu, Karena Sebenarnya Rasa Itulah yang Belum Juga Membuatmu Merela

instagram.com/nabilahcil

Untuk itu, jika memang benar kamu ingin lepas dari bayang-bayang masa lalumu maka maafkanlah seperti apapun perlakuannya dulu terhadapmu, karena sebenarnya rasa itulah yang belum juga membuatmu merela.

Rasa tidak terimamu itulah yang seringkali membuat hatimu sesak sendiri, meski kejadiannya sudah terbilang sangat lama.

Melupakan Itu Harus Selalu Disertai Dengan Kelunakan Hati Memaafkan, Bukan Hanya Sekedar Ingin Lupa Tapi Tetap Membenci

instagram.com/nabilahcil

Kamu harus tahu, bahwa melupakan itu memang harus disertai dengan kelunakan hati memaafkan, bukan hanya sekedar ingin lupa tapi dirimu sendiri masih hidup dengan kebencian.

Sebab tidak mungkin kamu akan lupa segala hal yang terjadi di masa lalu, bila kamu sendiri tidak mau membesarkan hati memaafkannya.

Bahkan Kamu Bisa Lebih Bahagia Dari Dulu Saat Indah Bersamanya, Hanya Saja Kamu Harus Benar-benar Membuang Keegoisanmu

instagram.com/nabilahcil

Oleh karenanya, sebelum kamu ingin mengubur dalam-dalam tentang dirinya di masa lalu maka berdamailah dulu dengan hatimu untuk bisa memaafkannya.

Dan percayalah, kamu akan bisa lebih bahagia dari dulu saat indah bersamanya, ketika kamu memang sudah benar-benar membuang keegoisanmu.

Ayaolah Berpikir Jauh ke Depan, Karena Kamu Akan Terus Berkutat Dengan Kenangan Burukmu Bila Kamu Tidak Belajar Mengikhlasakan

instagram.com/nabilahcil

Jadi untuk menyembuhkan lukamu, maka ayaolah berpikir jauh ke depan, karena kamu akan terus berkutat dengan kenangan burukmu di masa lalu bila kamu tidak pernah belajar mengikhlaskan dan memaafkannya terlebih dahulu.