Jangan habiskan waktu untuk mencari-cari kesalahan orang lain, lebih baik cari kesalahan diri sendiri dan perbaiki hingga kita baik di mata Allah.

Karena kekurangan orang lain yang nampak di mata kita sebenarnya adalah kode dari Allah agar kita semakin memperbaiki diri dan semakin menelaah apa saja dalam diri kita yang harus ditingkatkan kualitasnya.

Kekuarangan Orang Lain yang Nampak di Mata Kita Jangan Jadikan Bahan Ulasan ke yang Lain, Jika Tidak Berani Menegur Maka Diam Saja

instagram.com/nabilabellai_

Untuk itu, jika aib atau kekuarangan orang lain Allah perlihatkan kepada kita, maka jangan seenaknya menjadikan ia bahai ulasan ke yang lainnya, karena ujung-ujungnya pasti kita akan berghibah.

Jika memang kekuarangannya bisa pula kita perbaiki maka tegurlah dan nasehati dia dengan baik, tapi jika tidak berani menegur maka lebih baik diam saja.

Lebih Baik Fokus Pada Diri Sendiri Daripada Sibuk Ngomentari Sana-sini Kekuarangan Orang Lain

instagram.com/nabilabellai_

Tidak ada gunanya memberitakan kekuarangan orang lain kepada yang lainnya, jangan sia-siakan waktu kita mengulas habis keburukan orang lain, jika tidak mau pahala kita tergerus satu persatu dari saking cakapanya kita menggosip.

Maka kondisikan diri kita agar selalu bijaksana, jangan terlena untuk fokus pada kehidupan orang lain, lebh baik fokus pada diri sendiri daripada sibuk ngomentarin sana-sini kekuarangan orang lain.

Ingatlah Dengan Baik, Diri Kita pun Tentu Memiliki Kekurangan, Maka Jangan Terlalu Intens Melihat Kekurangan Orang Lain

instagram.com/nabilabellai_

Ingatlah dengan baik, kita sendiri sesungguhnya memiliki kekurangan meski orang lain telah menganggap kita nyaris sempurna dengan kebaikan, maka dari itu janganlah terlalu intens melihat kekurangan orang lain agar kita tidak pernah lupa diri.

Tundukkan hati meski sudah benar menurut manusia lainnya kita telah lebih baik, karena sungguh yang menilai baik tidaknya kita hanyalah Allah, dan penilaian orang lain tidak akan pernah berpengaruh apapun kepada kita.

Jelilah Pada Kekuarangan Diri Sendiri, Agar Sampai Kapanpun Kita Tidak Ada Kesempatan Berkomentar Buruk Pada Kekuarang Orang Lain

instagram.com/nabilabellai_

Lantas jelilah pada kekuarang yang ada pada diri kita sendiri, jangan biarkan hati biasa menela’ah diri orang lain, agar sampai kapanpun kita tidak pernah ada kesempatan berkomentar buruk pada kekurangan orang lain.

Karena biasanya, kita terlena dan sibuk nyinyir pada kehidupan orang lain tatkala kita lupa bahwa kita juga tidak sempurna, dan merasa bahwa kita telah lebih baik.

Kendalikan Hati Dengan Baik, Agar Kita Selalu Lebih Sibuk Memperbaiki Diri Daripada Mengomentari Setiap Diri

instagram.com/nabilabellai_

Oleh karenanya, kendalikan hati dengan sebaik mungkin, kendalikan pikiran kita untuk tidak berpikir kotor, dan kendalikan lisan kita untuk tetap terjaga, agar kita selalu lebih sibuk memperbaiki diri daripada mengomentari stiap diri.