Seringkali seseorang merasa frustasi ketika mengingat kesalahannya di masa lalu, padahal bila kamu bijaksana memandang kejadian masa lalu maka pasti rasa menyesalmu tidak akan berlarut-larut dan membuatmu tidak berdaya.

Karena bagaimanapun masa lalu itu tidak akan bisa kembali meski kamu telah menangisinya siang dan malam, kecuali kamu sadarkan dirimu dengan perbaikan yang nyata untuk menyambut masa depan.

Oleh sebab itu, jika memang kamu merasa bahwa masa lalumu buruk, tidak ada faedah, maka perbaikilah masa depanmu dengan mengulangi kesalahan di masa lalu

Tidak Ada yang Bisa Mengembalikan Masa Lalu, Tapi Kamu Bisa Menjadikan Masa Depanmu Menjadi Lebih Baik

instagram.com/zahratuljannah

Sungguh tidak ada yang bisa mengembalikan masa lalu, karena masa lalu akan tetap menjadi masa lalu, dia tidak akan pernah hadir kembali dalam waktu yang hakekatnya terus melaju.

Tetapi kamu bisa menjadikan masa depanmu lebih berarti dari masa lalu dengan terus mengusahakan masa sekarangmu menjadi lebih baik dan terus kamu perbaiki.

Berpikirlah Maju, Jangan Terus Menyesali Apa yang Telah Terjadi di Masa Lalu, Karena Kamu Masih Punya Masa Depan yang Berharga

instagram.com/zahratuljannah

Oleh karenanya, berpikirlah maju, jangan terus mendekap penyesalan dengan kesedihan yang tidak menentu.

Jangan terus menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu, karena bagaimanapun semua itu sudah terlanjur menjadi kisah pahit. Dan kamu masih punya kesempatan menjadi lebih baik, yaitu dengan terus menuju masa depanmu yang berharga.

Yang Lalu Biarlah Berlalu, Jadikanlah Ia Pelajaran Berharga Untuk Menjalani Masa yang Akan Datang

instagram.com/zahratuljannah

Lantas yang lalu biarlah berlalu, kesalahan di masa lalu tidak usah kamu ingat kembali, tapi jadikanlah ia pelajaran berharga untuk menjalani masamu yang akan datang.

Jadikanlah masa lalumu yang buruk itu sebagai pengingat agar kamu tidak mendekati hal-hal yang hanya akan membuatmu menyesal seperti yang sudah kamu lewati selama ini.

Perbaiki Apa yang Memang Harus Kamu Perbaiki, Tanpa Lagi Menyesali dan Meratapi Apa yang Telah Terjadi di Masa Lalu

instagram.com/zahratuljannah

Jadi untuk sekarang adalah perbaiki apa yang memang harus kamu perbaiki, tanpa lagi menyesali dan meratapi dengan sangat apa yang telah terjadi di masa lalumu.

Kamu harus ingat, Allah itu tidak pernah melihat seberapa besar kesalahanmu di masa lalu, tapi Allah melihat seberapa besar keinginan dan kesungguhan hatimu untuk kembali kepada-Nya.

Cukup Kamu Tahu Saja, Dulu Memang Pernah Salah Tapi Pastikan di Masa Depan Nanti Kamu Tidak Lagi Melakukan Kesalahan yang Sama

instagram.com/zahratuljannah

Maka dari itu cukup kamu tahu saja, bahwa memang tidak ada gunanya berlama-lama hidup dalam penyesalan, jika ujung-ujungnya kamu hanya diam tanpa perbaikan karena frustasi.

Dan mungkin iya, dulu kamu memang pernah terlanjur berbuat salah, tapi bukan berarti kamu tidak lagi memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik, karena bagaimanapun kamu masih punya masa depan sebagai tujuan hidupmu selanjutnya.

Jadi, pastikankanlah masa depanmu nanti lebih baik dari masa yang telah kamu sesali dari kemaren, dan jangan sampai di masa depan nanti kamu tidak melakukan kesalahan yang sama.