NTB Tebar Nuansa Islami Melalui Pesona Khazanah Ramadhan 2019

MATARAM - Nusa Tenggara Barat (NTB) mempertegas statusnya sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Hal itu terlihat dengan digelarnya program Ramadhan 1440 H berdurasi sebulan penuh di Pulau Seribu Masjid.

Eventnya dikemas melalui Pesona Khazanah Ramadhan 2019. Kontennya menarik dengan 11 sub event sarat nuansa Islami.

Pesona Khazanah Ramadhan 2019 digelar 5 Mei hingga 4 Juni. Tempatnya di Masjid Hubbul Wathon, Islamic Center, Mataram, NTB. Tema yang diangkat adalah ‘Perkuat Silaturahim untuk Persatuan Bangsa’. Event ini berisi ibadah, talkshow, dan aneka lomba. Ada juga pameran dan bazaar, hingga beragam hiburan Islami.

Baca Juga:

Pembukaan Pesona Khazanah Ramadan 2019 dilakukan Sabtu (11/5/2019). Lokasinya di Area Bazaar Lapangan Islamic Center, Mataram. Beragam budaya Islami khas NTB akan disajikan menarik dan penuh inspiratif.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti mengungkapkan, program ini sebagai event religi terbesar.

“Pesona Khazanah Ramadhan 2019 merupakan program religi yang terbesar. Durasi event panjang dan menjadi daya tarik selama Ramadan. Program ini tentu menjadi spot ngabuburit terbaik setiap harinya. Sembari menunggu berbuka, pengunjung bisa mendapatkan berbagai inspirasi Islami,” ungkap Esthy, Jumat (10/5/2019).

Usai opening, berikutnya dua kegiatan langsung digelar yaitu pertama Bazaar Ramadhan mulai 11-30 Mei 2019. Aktivitas tersebut menyediakan takjil, beragam kuliner, fashion, hingga asesoris. Semuanya kental dengan nuansa Islami. Kedua Islamic Book Fair dan Bedah Buku, yang menawarkan diskon besar dari buku atau novel terbaru.

Setelah kedua kegaiatan tersebut, giliran Festival Budaya Islam yang dihelat. Festival ini digelar 12-18 Mei 2019. Ada beragam seni dan budaya Islami khas NTB yang akan ditampilkan. Stage tersebut juga menampilkan beragam permainan tradisional hingga modern khas Pulau Seribu Masjid.

Esthy menambahkan, nuansa Islami sangat kental pada konten yang ditampilkan.

“Nuansa Islami sangat kental di dalam event tersebut. Setiap konten yang ditampilkan, nafasnya selalu Islam. Tentu ada banyak value dan pengetahuan baru yang didapatkan pengunjung di sana. Untuk itu, event Pesona Khazanah Ramadhan 2019 di NTB jangan sampai terlewatkan,” lanjut Esthy lagi.

Sedangkan Program Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Nasional ke-50 digulirkan, 17-21 Mei 2019. PTQ diikuti peserta dari berbagai daerah. Penutupan PTQ makin spesial lantaran digabung dengan Nuzulul Quran, Selasa (21/5). Nuzulul Quran akan diisi oleh tauziah Uztad Somad, Uztad Hanan Attaki, dan Aa Gym.

“Ada banyak pencerahan yang diberikan oleh Pesona Khazanah Ramadhan 2019. Sebab, program tersebut selalu menghadirkan figur besar karismatik. Tauziahnya tentu selalu dinanti. Jadi, silahkan bergabung di program Pesona Khazanah Ramadan NTB,” jelas Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

Sedangkan tiga event digelar bersamaan pada Senin (20/5/2019). Ada Lombok Travel Fair Umrah dan Haji hingga Islamic Wedding Expo. Konten lainnya berupa Fashion Show dan Kompetisi Hijab. Untuk Lombok Travel Fair Umrah dan Haji digelar 20-26 Mei 2019. Travel fair ini menjadi ajang pameran TA/TO. Mereka menawarkan destinasi wisata halal domestik hingga mancanegara.

Sementara penyelenggaraan Islamic Wedding Expo digelar 20-26 Mei 2019. Program ini digelar di Ballroom Islamic Center Mataram. Adapun Fashion Show dan Kompetisi Hijab dihelat 20-22 Mei 2019. Fashion Show-nya menampilkan beberapa kategori. Untuk Kompetisi Hijabnya juga menampilkan Kompetisi Sasak Hijab. Space tersebut guna menampilkan tradisi penggunaan hijab di NTB.

“Meski kental dengan nuansa religi, tapi event memberi ruang besar bagi kreativitas. Silahkan berkreasi menghasilkan fashion dan hijab terbaik. Pada saatnya, aktivitas kreatif tersebut akan menghasilkan value secara ekonomi. Kami berharap, karya-karya desainer NTB bisa membanjiri rumah mode di dunia,” kata Ricky.

Ujung dari rangkaian Pesona Khazanah Ramadan 2019 ditandai Tabligh Akbar dan Ramadhan Berdzikir. Kedua event tersebut akan diselenggaran Kamis (30/5/2019). Tabligh Akbar digelar di Area Bazaar Ramadhan. Untuk Ramadhan Berdzikir dilakukan jelang berbuka puasa. Materinya, Tauziah juga Kajian & Tafsir Al Quran. Program ditutup Pawai Malam Takbiran yang diagendakan Selasa (4/6/2019).

“NTB memang destinasi wisata halal terbaik. Mereka memiliki program panjang untuk menyemarakan Ramadan tahun ini. Kehadiran Pesona Khazanah Ramadan akan menguatkan pergerakan wisatawan. Aktivitas perekonomian di NTB juga akan semakin bagus. Masyarakat mendapatkan manfaat lebih dari berbagai kegiatan transaksinya,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Source : https://lifestyle.sindonews.com/read/1403392/156/ntb-tebar-nuansa-islami-melalui-pesona-khazanah-ramadhan-2019-1557569673

736