Pahala yang Terus Mengalir setelah Kematian

  May 26, 2016  ~    10.05 MB
Pahala yang Terus Mengalir setelah Kematian

330

2

07:19

Pahala yang Terus Mengalir setelah Kematian

Bagi orang beriman ada pahala yang disiapkan untuk setiap amal yang dilakukan. Pahala adalah balasan dari Allah swt. bagi mereka yang beribadah dan berbuat baik karena-Nya. Maka apapun balasan manusia kepadanya, baik, buruk atau tanpa balas, tidak masalah baginya.

Bagi mereka yang meyakini keberadaan Hari akhir dan hidup setelah kematian, maka pahala ini merupakan tabungan kebaikan yang nantinya menjadi bekal untuk hidup bahagia di akhirat. Karenanya, mereka memanfaatkan hidup yang dianugerahkan Allah untuk meninggalkan manfaat dan kebaikan sebanyak-banyaknya, menjalin hubungan baik dengan sesama, menjauhi perbuatan yang merugikan siapa saja.

Waktu hidup setiap manusia di dunia ini terbatas, begitupun amal ibadah yang bisa kita lakukan. Kabar baiknya, ada amal yang pahalanya terus mengalir bagi kita bahkan setelah kita meninggal. Amal semacam itu disebut amal jariah.

Dari Abi Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Apabila anak cucu Adam meninggal dunia maka terputus semua amalannya kecuali dari tiga hal: 1. Sedekah jariah; 2. Ilmu yang bermanfaat; dan 3. Anak saleh yang mendoakannnya.” (HR. Muslim).

Lebih rinci mengenai sedekah jariah disebutkan dalam sabda Rasulullah berikut, “Sesungguhnya amal saleh yang akan menyusul seorang mukmin setelah dia meninggal dunia kelak ialah ilmu yang dia ajarkan dan sebarkan, anak saleh yang dia tinggalkan, mushaf Al-Quran yang dia wariskan, masjid yang dia bangun, rumah tempat singgah musafir yang dia dirikan, air sungai (irigasi) yang dia alirkan, dan sedekah yang dia keluarkan di kala sehat dan masih hidup. Semua ini akan menyusul dirinya ketika dia meninggal dunia kelak.” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi).

Amal yang kita kerjakan, selama manfaatnya masih berkelanjutan, maka pahalanya pun terus bertambah untuk kita. Semakin besar manfaat suatu amal dirasakan pihak lain, semakin bertahan lama dan berpengaruh manfaat itu dalam kehidupannya juga orang di sekitarnya, maka semakin besar pula pahala dan nilainya di sisi Allah.

Share!

Loading...
Loading...
Loading...