Bagaimana Diabetes Terjadi?

  March 28, 2017  ~    6.25 MB
Bagaimana Diabetes Terjadi?

28.1k

108

04:33

DIABETES MELLITUS
Diabetes Mellitus, jika kita mendengar nama penyakit tersebut kelihatannya keren sekali. Sebenarnya penyakit diabetes mellitus sudah sangat familiar di telinga kita, dikenal sebagai penyakit yang menakutkan karena dapat mengarah komplikasi penyakit berat lainnya.

Penyakit Diabetes Mellitus ( DM ) adalah atau yang sering dikenal dengan penyakit kencing manis adalah suatu penyakit atau kondisi dimana tubuh seseorang tidak dapat mengendalikan kadar glukosa darah. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat ( hiperglikemia ) secara berkepanjangan ( kronik ).

Secara garis besar, Diabetes Melitus dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu Diabetes Melitus tergantung insulin ( Diabetes Melitus tipe-1 ) dan Diabetes Melitus tidak tergantung insulin ( Diabetes Melitus tipe-2 ). Sebagian besar kasus adalah Diabetes Melitus tipe-2 yang banyak ditemukan pada orang yang mengalami obesitas atau kegemukan akibat pola hidup yang dijalaninya. Sementara, Diabetes Melitus tipe-1 banyak dipengaruhi faktor keturunan, meski kontribusi faktor keturunan terhadap risiko DM hanya sebesar 5%.

Selain itu, terdapat Diabetes Melitus lain yang dikenal dengan Diabetes Melitus gestasional yang terjadi selama masa kehamilan.

Bagaimana Diabetes Melitus Bisa Terjadi ?

Diabetes Melitus terjadi karena kurang sempurnanya kerja insulin atau kekurangan jumlah hormon insulin. Hormon insulin bertugas membawa glukosa ( gula ) darah ke dalam sel untuk pembentukan energi.

Dalam keadaan sehat, tubuh kita akan menyerap glukosa dalam jumlah yang tepat dari makanan, kemudian menyimpan sisanya. Glukosa tersebut diperlukan tubuh sebagai bahan bakar.

Glukosa yang diserap dari makanan akan diangkut ke seluruh tubuh melalui aliran darah, kemudian diberikan ke sel-sel organ tubuh yang memerlukan dengan bantuan insulin ( hormon yang dihasilkan oleh pancreas ). Bila jumlah glukosa berlebih, maka insulin membantu menyimpan kelebihan glukosa tersebut di dalam organ hati dan otot (dalam bentuk glikogen), atau diubah menjadi trigliserida yang disimpan di dalam jaringan penyimpan lemak ( adipose ). Insulin yang berikatan dengan reseptornya (seperti kunci dan anak kunci) dapat membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel.

Bila insulin tidak ada atau kerja insulin terganggu, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel tetapi berada dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi glukosa di dalam darah akan meningkat. Glukosa di dalam darah yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah yang disebut komplikasi penyakit diabetes.

Natura Herbal
Beli Produk Nayakon Herbal di:
Website : http://yakon.co.id/cara-pesan/
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/diabetesyakon
Bukalapak: https://www.bukalapak.com/naturapersada

Media Sosial Kami
Facebook Fans Page : https://web.facebook.com/yakonid
Facebook Fans Page : https://web.facebook.com/daunyakonid
Twitter: https://twitter.com/naturapersada
Website: http://diabetes-dauninsulin.com
Homepage: http://naturapersada.co.id/
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCtw1...

Share!

Loading...
Loading...
Loading...